BAPPEDA ROKAN HULU SELENGGARAKAN FORUM KONSULTASI PUBLIK


Rokan Hulu- Pada hari Kamis dan Jumat, 10 sd 11 Maret 2016 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Rokan Hulu. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rokan Hulu menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2017.

Melalui Kepala Bappeda NIFZAR, SP. M.IP menyampaikan bahwa kegiatan Forum Konsultasi Publik ini merupakan salah satu upaya untuk menjaring aspirasi dari stake holder (pemangku kepentingan) pada tahap awal persiapan penyusunan RKPD dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas pembangunan Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2017. Pada forum ini dikonsultasikan mengenai rumusan sementara prioritas pembangunan untuk tahun 2017 serta dasar analisis yang mendukung rumusan tersebut. Dengan demikian diharapkan Pemkab Rokan Hulu mendapatkan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada aspek teknokratis.

Pembangunan tahun 2017 mendatang mengambil tema “Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan Membuka Isolasi Daerah”. Lebih lanjut Nifzar, SP. M.IP menyampaikan bahwa untuk tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu akan mengangkat 7 Prioritas dengan 26 Sasaran daerah, dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat. Prioritas-prioritas  tersebut adalah :

  1. Meningkatkan ketersediaan infrastruktur;
  2. Meningkatkan Pelayanan pendidikan;
  3. Meningkatkan pelayanan kesehatan;
  4. Meningkatkan sumber daya lokal yang berdaya saing;
  5. Mengembangkan sektor-sektor pariwisata dan inovasi daerah serta memantapkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup;
  6. Meningkatkan integritas pelayanan publik; dan
  7. Menurangi kemiskinan dan menyediakan lapangan kerja serta Penanganan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial).

Penetapan 7 prioritas tersebut merupakan bagian strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu untuk menjawab isu-isu strategis tahun 2017. Konsultasi Publik RKPD Rokan Hulu  ini diharapkan dihadiri para pimpinan SKPD dan Staf Ahli Bupati di Lingkungan Pemkab Rokan Hulu, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)/Organisasi Pemuda dan dari berbagai ikatan Profesi di Bidang Pendidikan, informasi kesehatan terbaru dan infrastruktur di Kabupaten Rokan Hulu.(Mz)