Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2019


Pasir Pengaraian, Rabu, 21 Februari 2018 Bappeda mengadakan Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2019 yang dilaksanakan di Pendopo Kediaman BupatiRokan Hulu yang di hadiri oleh 45 SKPD, Forkopinda, DPRD serta pemangku kepentingan lainnya.

Pembahasan yang disampaikan pada Forum Konsultasi Publik ini yaitu Isu Strategis, Sasaran Pembangunan Daerah, Prioritas dan Fokus, Serta Tema Pembangunan Daerah Tahun 2019.

Dalam Rencana pembangunan Daerah Tahun 2019 memiliki tema yaitu, “PENINGKATAN INFRASTRUKTUR MENDUKUNG EKONOMI DAERAH DAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK” jadi dengan tema tersebut diharapkan pembangunan Kabupaten Rokan Hulu dapat meningkatkan Kesejahteraan masyarakatnya melalui peningkatan infrastruktur dan meningkatkan daya saing ekonomi dalam potensi wilayah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Rokan Hulu H. SUKIMAN, pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan prioritas pembangunan yang betul-betul sangat dibutuhkan oleh masyarakat, tahun 2019 ada 9 prioritas yaitu :

  1. Meningkatkan infrastruktur wilayah perdesaan dan perkotaan.
  2. Meningkatkan pelayanan pendidikan.
  3. Meningkatkan pelayanan kesehatan.
  4. Meningkatkan kualitas/kuantitas iklim usaha dan investasi baik mikro, kecil, menengah dan koperasi yang berdaya saing.
  5. Meningkatkan pengembangan sektor-sektor pariwisata daerah.
  6. Meningkatkan kualitas pelayanan dan tata kelola pemerintahan.
  7. Menurunkan tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran.
  8. Meningkatkan ketersediaan pangan dan perkebunan.
  9. Meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan berbudaya.

Disamping itu prioritas Pembangunan harus pula terintegrasi dengan Agenda Prioritas Nasional (NAWA CITA). Untuk itu perlu penyelarasan Prioritas Pembangunan Daerah dengan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2018, yang terdiri dari 3 (tiga) Dimensi Pembangunan yaitu :

  1. Dimensi Pembangunan Manusia, yaitu peningkatan pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, tersedianya perumahan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan jaminan sosial, serta mendukung pembentukan mental/karakter bangsa, budi pekerti, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air serta semangat bela Negara;
  2. Dimensi Pembangunan Sektor Unggulan, yaitu upaya mendukung terwujudnya kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, kemaritiman dan kelautan serta pariwisata dan industri.
  3. Dimensi Pemerataan dan Kewilayahan, yaitu peningkatan pemerataan pendapatan antar kelompok masyarakat, antar wilayah, antar desa dan pinggiran serta antar kawasan serta mengurangi kesenjangan pembangunan dimasing-masing wilayah.

Pada akhir paparan beliau berharap kiranya penyusunan Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019 ini dapat menghasilkan program kegiatan yang aspiratif, responsif, sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat sebagai wujud dari tujuan penyelenggaraan pemerintahan. Dengan persatuan dan kerja keras serta dengan pertolongan Allah SWT, Rokan Hulu akan maju lebih pesat lagi. (Mz)