Kabupaten Rokan Hulu mulai selenggarakan Musrenbang pada minggu ke-3 Januari 2016


Rokan Hulu, Sesuai acuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Daerah serta menindak lanjuti surat Gubernur Riau Nomor 050/Bappeda/16.01 tanggal 7 Januari 2016 perihal Jadwal dan Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah, bahwasanya akan diselenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) mulai dari tingkat desa sampai tingkat pusat. Musrenbang ini dimaksudkan untuk menyepakati program dan kegiatan pembangunan yang menjadi proritas tahun 2017 mendatang. Untuk itu diminta setiap SKPD mempersiapkan dokumen usulan program kegiatan sesuai dengan Renstra SKPD masing-masing dengan memperhatikan Renstra Kementerian/ Lembaga dan Renstra SKPD Provinsi terkait, karena tahun 2017 merupakan periode ke-3 RPJPD Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Bappeda Kabupaten Rokan Hulu NIFZAR, SP. M.IP, Kamis (14/1) diruang kerjanya. Dia berharap, agar instansi terkait mempersiapkan dokumen sebelum musrenbang dilakukan.

Mengenai jadwal pelaksanaan Musrenbang, bahwa pelaksanaan Musrenbang Pertama adalah Musrenbang Desa/Kelurahan yang dilaksanakan mulai tanggal 18-29 Januari 2016, Kedua Musrenbang Kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 3-12 Februari 2016.                    Ketiga, Forum Konsultasi Publik dilaksanakan mulai minggu ke-3 Februari 2016, Keempat, Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah akan dilaksanakan mulai minggu ke-4 Februari 2016, dan Musrenbang tingkat Kabupaten dilaksanakan selambat-lambatnya pada minggu ke-2 bulan Maret 2016.

"Khusus untuk poin pertama diminta kepada Para Camat untuk dapat mengkoordinir jadwal dan kegiatan Musrenbang Desa/Kelurahan di wilayah kerjanya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan," ujarnya.

Adapun surat edaran Jadwal Pelaksanaan Musrenbang dapat didownload dibawah ini 

1.  Surat Edaran Pelaksanaan Musrenbang Tahun 2016

2. Surat Usulan APBN dan APBD Propinsi Riau Tahun 2017

3. Prioritas Provinsi Riau Tahun 2017

4. Prioritas Nasional / 9 Prioritas Nasional (Nawacita)

"Sebelum mengelar musrenbang kita tengah menyiapkan Penyusunan RPJMD bupati terpilih 2016-2021. Dan saat ini RPJMD hanya tinggal menyesuaikan dengan Visi dan Misi bupati terpilih natinya," tutupnya.