Sosialisasi Pamsimas III bagi Panitia Kemitraan PAKEM Regional I diselenggarakan di SUMBAR


Pasir Pengaraian – Sosialisasi Program Pamsimas III bagi Panitia Kemitraan (PAKEM) Regional I telah dilaksanakan pada tanggal 18-20 Agustus 2016 di Hotel Inna Muara Padang Sumatera Barat. Pelaksanaan sosialisasi ini diikuti oleh  semua anggota Panitian Kemitraan dari semua Provinsi Regional I. Provinsi yang termasuk dalam regional I antara lain adalah Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau Dan Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pelaksanaan Sosialisasi Pamsimas II ini, metodologi yang digunakan adalah menggunakan Metode Ceramah, Tanya Jawab, dan penugasan. Selain itu metode yang digunakan dalam sosialisasi ini juga menggunakan presentasi dari narasumber dan tim pemandu terkait tugas Panitia Kemitraan untuk mendukung keberlanjutan pemenuhan air minum dan sanitasi daerahdalam Pamsimas III tahun 2016.

Peserta lokalatih ini diikuti oleh Panitia Kemitraan DARI Kabupaten lokasi lama sebanyak 219 kabupaten dan 14 Kabupaten Baru, sehingga total kabupaten peserta sosialisasi ini berjumlah 233 Kabupaten.

Tujuan dari sosialisasi program Pamsimas III ini adalah meningkatkan pemahaman untuk Panitia Kemitraan tentang Program Pamsimas II yang meliputi latar belakang program, tujuan program, dan mekanisme program, komponen program, Key Performance Indikator dan siklus program. Tujuan lain dari sosialisasi ini adalah meningkatkan pemahaman peserta tentang tugas panitia kemitraan sert meningkatkan pemahaman panitia kemitraan untuk melaksanakan tugas menyusun daftar desa yang akan ditetapkan sebagai lokasi program Pamsimas III. Selanjutnya tujuan saosialisasi ini adalah mendiskusikan isu, permasalahan dan rencana tindak lanjut pelaksanaan program Pamsimas III tahun 2016.

Untuk Kabupaten Rokan Hulu, daftar rencana sasaran Program Pamsimas III tahun 2016 adalah sebanyak 10 Desa. Desa yang menjadi rencana sasaran Pamsimas ini antara lain Desa Pauh Kecamatan Bonai Darussalam, Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun, Desa Kepenuhan Hilir Kecamatan kepenuhan, Desa Pemandang Kecamatan Rokan IV Koto, Desa Ngaso Kecamatan Ujungbatu, Desa Bangun Purba Kecamatan Bangun Purba, Desa Pagar Mayang Kecamatan Tambusai Utara, Desa Sungai Kuti Kecamatan Kunto Darussalam, Desa Lubuk Soting Kecamatan Tambusai dan Desa Kepenuhan Timur Kecamatan Kepenuhan.(Mz)