Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Adat melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial di Kabupaten Rokan Hulu

Tuesday, 06 Aug 2019, 06:04 PM 612 kali dilihat

Rokan Hulu, Sebagaimana diketahui pemberdayaan masyarakat  merupakan Sebuah konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai sosial. Konsep ini mencerminkan paradigma baru pembangunan, yakni yang bersifat “people centred, participatory, empowering, and sustainable". sedangkan masyarakat adat adalah kelompok masyarakat yang memiliki asal usul leluhur (secara turun-temurun) di wilayah geografis tertentu, serta memiliki sistem nilai, ideologi, ekonomi, politik, budaya, sosial dan wilayah sendiri (Moniaga 2010). 

sedangkan kewirausahaan sosial mempunyai maksud dan tujuan :

1. Menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang (enabling)
2. Memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat (empowering).
3. Memberdayakan mengandung pula arti melindungi. Dalam proses pemberdayaan, harus dicegah yang lemah menjadi bertambah lemah, oleh karena kekurangberdayaan dalam menghadapi yang kuat.
4.

Pendekatan kewirausahaan sosial menjadi salah satu cara yang dianggap efektif dalam rangka mengejar ketertinggalan kesejahteraan dan juga memberdayakan masyarakat adat.

5.

Kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) merupakan salah satu pendekatan yang relatif baru dalam mengatasi masalah-masalah sosial. Muliadi Palesangi (2011) bahwa kewirausahaan sosial merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah sosial berupa pengangguran, kemiskinan dan kerusakan lingkungan.

6.

Kewirausahaan sosial adalah penanganan masalah sosial dengan cara-cara kewirausahaan

Kewirausahaan sosial telah menjadi perhatian publik selama dua dekade terakhir. Di Asia, konsep ini berkembang pesat selama sepuluh tahun belakangan, dan oleh sebab itulah melalui bidang litbang bappeda melakukan kajian terhadap pemberdayaan ekonomi  masyarakat adat melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial di Kabupaten Rokan Hulu, dan telah dilakukan laporan draf awal terhadap kajian tersebut yang bertempat di aula Bappeda Kabupaten Rokan Hulu yang dipimpin oleh Sekretaris Bappeda bpk Harisman, ST, MT dan didampingi oleh Kabit  Litbang Bappeda Nelson, ST yang dihadiri oleh Seluruh Camat se Kabupaten Rokan Hulu, OPD, Pelaku usaha, Tokoh Masyarakat, Akademisi serta masyarakat.

Tags: