Bappeda lakukan Analisis Ekonomi Daerah, Sektor Pertanian dalam Upaya Menyusun Dokumen Perencanaan yang Akurat dan Komprehensif

Monday, 28 Oct 2019, 04:40 PM 694 kali dilihat

Pasir Pangaraian – Kabid Penelitian Pengembangan dan Pengendalian Pembangunan Bappeda Rokan Hulu Nelson, ST, membuka paparan draft akhir kajian Analisis Ekonomi Daerah Kabupaten Rokan Hulu Sektor Pertanian Dalam Upaya Menyusun Dokumen Perencanaan yang Akurat dan Komprehensif, senin (28/10/2019). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Expose Kajian Awal yang dilaksanakan pada 15 Juli 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan kabupaten Rokan Hulu, Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS), Perwakilan Kecamatan, dan Perwakilan dari Kelompok Tani.

Kajian ini merupakan kerjasama dengan Universitas Riau yang dilakukan selama ± 4 bulan. Kesimpulan yang diperoleh dari kajian ini adalah sebagai berikut :

  1. Kontribusi Perkebunan kelapa sawit dan tanaman pangan menunjukan kontribusi yang kecil dalam peningkatan PDRB di Kabupaten Rokan Hulu. Perkebunan kelapa sawit diwilayah Rokan Hulu banyak dimiliki oleh Korporasi (Perusahaan Besar) dibandingkan perkebunan milik masyarakat sehingga multiplier effect yang ditimbulkan terhadap perekonomian masyarakat sangat kecil.
  2. Dilihat dari keterkaitan kedepan dan kebelakang serta nilai efek penyebaran kedepan dan kebelakang, perkebunan kelapa sawit dan tanaman pangan memperlihatkan kecilnya peranan untuk mendorong ataupun menarik sektor lain dalam meningkatkan output.
  3. Agro industri karet remah dan karet asap berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Rokan Hulu.
  4. Sektor industri karet banyak memanfaatkan output dari sektor-sektor lain sebagai input produksinya, sehingga dapat memicu peningkatan produksi. Setiap peningkatan permintaan akhir karet remah dan asap sebesar Rp 1 Miliar berdampak terhadap peningkatan output wilayah sebesar Rp 1,40 Miliar, pendapatan rumah tangga sebesar 1,25 miliar, dan penggandaan Nilai Tambah Bruto (NTB) sebesar Rp 980 juta.

Sedangkan saran dan rekomendasi dari kajian ini kepada pengambil kebijakan pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu adalah sebagai berikut :

  1. Perkebunan karet merupakan sektor yang dapat diandalkan dalam pembangunan ekonomi daerah di Rokan Hulu jika dilihat dari peranannya dalam meningkatkan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja.
  2. Fokus pengembangan agro industri karet di Rokan Hulu dapat dilakukan melalui pengembangan subsistem agribisnis hilir (industri pengolahan karet).
  3. Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu perlu melakukan pembinaan kelembagaan KUD untuk memangkas panjangnya rantai distribusi sehingga berdampak pada nilai tambah serta meningkatkan kualitas SDM yang handal dan terampil agar kelembagaan dapat berfungsi maksimal.
  4. Perlu adanya alternatif lain seperti tanaman Pangan (Padi, Jagung, Kedelai), sayuran, dan tanaman holtikultura mengingat potensi luas lahan yang masih tersedia dan tersedianya pasar yang membutuhkan dengan cara rekayasa/pemuliaan, pemanfaatan teknologi, packaging (pengemasan), pengolahan (industri) yang meningkatkan nilai tambah.

Tags: