BAPPEDA Selenggarakan Orientasi Strategis Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2021-2026

Friday, 17 Sep 2021, 09:06 AM 632 kali dilihat

Pasir Pemgaraian-Kamis 16 September 2021 Bappeda laksanakan kegiatan Orientasi Penyusunan Renstra Perangkat Daerah Tahun 2021-2026 di Aula lantai 3 Kantor Bupati Rokan Hulu.

Kegiatan dibuka oleh Bpk. Muhammad Zaki, S.STP, M.Si selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Rokan Hulu.

Kegiatan tersebut menghadirkan Dr. Ahmad Rifai, SP, M.P dkk sebagai Narasumber Penyusunan Renstra Perangkat Daerah dan Seluruh Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu yang akan menyusun Renstra Tahun 2021-2026 dengan menerapkan Protokol Kesehatan.

Rencana strategis (renstra) perangkat daerah (PD) adalah dokumen perencanaan PD untuk periode 5 tahun. Tata cara penyusunan renstra PD berpedoman pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Pada tahap awal penyusunan renstra PD yaitu melakukan persiapan penyusunan renstra, meliputi penyusunan rancangan keputusan kepala daerah tentang pembentukan tim penyusun renstra PD, orientasi mengenai renstra PD, penyusunan agenda kerja tim penyusun renstra PD dan penyiapan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah berdasarkan SIPD. Selanjutnya dilakukan penyusunan rancangan awal (ranwal) renstra.

Penyusunan Ranwal Renstra PD Pada tahap penyusunan ranwal renstra PD dilakukan bersamaan dengan penyusunan ranwal RPJMD yang mencakup analisis gambaran pelayanan, analisis permasalahan, penelaahan dokumen perencanaan lainnya, analisis isu strategis, perumusan tujuan dan sasaran PD berdasarkan sasaran dan indikator serta target kinerja dalam ranwal RPJMD, perumusan strategi dan arah kebijakan PD untuk mencapai tujuan dan sasaran serta target kinerja PD dan perumusan rencana program, kegiatan, indikator kinerja, pagu indikatif, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran berdasarkan strategi dan kebijakan PD serta program dan pagu indikatif dalam ranwal RPJMD.

 

Tags: