Pemkab Rohul Raih Penghargaan Terbaik III Pembangunan Daerah se Provinsi Riau

Sunday, 22 May 2022, 08:22 AM 6313 kali dilihat

BAPPEDA ROKAN HULU-Dinilai terbaik dalam menyusun dokumen perencanaan berkualitas, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu menerima penghargaan Terbaik III Pembangunan Daerah Provinsi Riau tahun 2022 dengan perolehan nilai 6.71. Disusul Kabupaten Kuantan Singingi Peringkat Terbaik I dengan Nilai 7.00 dan Kabupaten Indragiri Hilir Peringkat Terbaik II dengan Nilai 6.90. Sementara untuk Tingkat Kota di terima oleh Kota Dumai.

Penghargaan Pembangunan Daerah ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Riau Nomor : 175/II/2022 tentang Penetapan Pemenang Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022. Penghargaan langsung diterima langsung Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, yang diserahkan langsung Gubernur Riau Syamsuar, yang bersamaan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional, Jumat (20/5/2022) di Aula Balai Serindit Pekanbaru.

Penyerahan penghargaan tersebut bersempena pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi Riau yang dibuka oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M. Si, Wakil Ketua DPRD Riau Saparuddin Poti, SH, Perwakilan Kemendagri, Perwakilan Bappenas, Kepala OPD Provinsi Riau, Bupati Kabupaten/wali Kota se-Provinsi Riau, tokoh masyarakat baik hadir langsung maupun daring.

Atas prestasi penghargaan Pembangunan Daeran tersebut, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hulu dan Kepala OPD atas kerjasama yang telah dilakukan selama ini.

"Kerja kompak sesuai aturan dan peran serta diikuti dengan partisipasi semua pihak membuahkan prestasi yang membanggakan dapat diraih. Semoga dengan penghargaan ini, dapat memotivasi kita semua untuk mewujudkan Kabupaten Rokan Hulu semakin maju," harap Bupati Sukiman

"Semoga pada tahun 2023 mendatang prestasi yang membanggakan ini lebih dapar kita tingkatkan," tambah mantan Dandim Inhil ini.

Pemerintah Provinsi Riau memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), anugrah evaluasi kreatif dalam bentuk apresiasi kepada pemerintah Kabupaten/Kota yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

Tahap penilaian PPD meliputi penilaian dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan inovasi, presentasi dan wawancara, serta verifikasi dan kunjungan lapangan.

Turuut juga mendampingi Bupati Rokan Hulu, Sekda Rohul M. Zaki SSTP. M. Si, yang proses penilaianya dimasa Kepala Bappeda yang saat ini menjabat sebagai Sekda Rohul, mengatakan penghargaan pembangunan daerah berkat kerja sama seluruh OPD Rohul.

“Alhamdulillah Rohul mendapat peringkat terbaik III Penghargaan Pembangunan Daerah yang mana indikator makro sesuai yang ditetapkan pemerintah. Mudahan kedepan bisa ditingkatkan. Sebenarnya tahun 2018, 2019 kita juga sudah mendapat peringkat. Tahun 2021 kita tidak mendapat, tahun 2022 ini kita terbaik III, tahun 2023 kita harapkan meningkat,” ujarnya

Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Drs. Yusmar, M.Si. Bahwa di samping prestasi ini di ukir Kepala Bappeda sebelumnya (sekarang Sekda Rohul), prestasi ini juga di dukung semua pihak mulai dari Bupati dan Wakil Bupati, Sekda dan Kepala OPD serta berbagai pihak yang mendukung dalam pelaksanaannya. (MCDiskominforohul/Hen).

 

sumber :https://mediacenter.rokanhulukab.go.id/view/dinilai-inovatif-dalam-penyusunan-perencanaan-pemkab-rohul-raih-penghargaan-terbaik-iii-pembangunan-daerah-se-provinsi-riau

Tags: