Rokan Hulu Laksanakan Musrenbang di Tingkat Kecamatan dalam penyusunan rkpd tahun 2022

Friday, 05 Feb 2021, 05:10 PM 697 kali dilihat

Pasir Pengaraian. Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas, atau bottom-up. Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa dan kelurahan. Musrenbang kecamatan dihadiri oleh para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat kecamatan, musrenbang kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu dilaksanakan dari tanggal 27 Januari 2021 sd 4 Februari 2021.

Dengan adanya musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu. Dalam musrenbang kecamatan ini, usulan kegiatan dari tingkat desa akan dilakukan verifikasi terkait dengan kelayakan usulan, baik secara teknis maupun jenis kewenangan dengan mengundang Perangkat Daerah terkait dan Bappeda. Dari proses verifikasi tersebut, akan dihasilkan daftar usulan kegiatan yang selanjutnya akan dibawa ke proses selanjutnya yaitu Forum Perangkat Daerah guna dilakukan sinkronisasi dan verifikasi kelayakan secara lebih lanjut.

Pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kabun langsung dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Rokan Hulu Muhammad Zaki, S.STP, M.Si, beliau menyampaikan Tema Pembangunan Kabupaten Rokan Hulu yakni “Pemantapan Pemulihan Perekonomian Daerah Berkelanjutan yang Berbasis Pertanian, Industri Pengolahan dan Pariwisata dengan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola Pemerintahan” dengan prioritas daerah sebagai berikut:

1. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dengan Pemenuhan dan peningkatan kualitas Pendidikan dan Kesehatan

2. Pemenuhan Infrastruktur Dasar Pedesaan dan Peningkatan kualitas Infrastruktur Perkotaan.

3. Mewujudkan kemandirian dengan menggerakkan sektor- sektor strategis ekonomi lokal untuk dapat bersaing dalam menurunkan angka kemiskinan.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik dan tata Kelola Pemerintahan Yang bersih dan Efektif serta menjamin kehidupan politik dan penegakan hukum.

5. Peningkatan Kualitas kehidupan keagamaan dan keBudayaan dalam menciptakan ketentraman dan Kondisifitas untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

Lebih lanjut Muhammad Zaki mengharapkan kepada seluruh kpala desa yg hadir didalam acara Musrenbang di kecamatan Kabun ini bahwa terkait dengan usulan utk tahun 2022 itu diharapakan tidak hanya dari sektor infastruktur saja,akan tetapi bisa juga dari sektor-sektor lainnya seperti contohnya dari sektor peternakan dan perikanan,pendidikan, sosbud dll jadi tidak hanya tertuju di insfrastruktur. karena di kecamatan Kabun ini banyak sekali yg harus dikembangkan dan perlu di benahi kembali semua sektor yg ada pungkas beliau.

Tags: